Menpora Harap PMII Beri Manfaat dan Optimisme di Tengah Masyarakat

By Admin

nusakini.com--Pelantikan dan Orasi Kebangsaan Pengurus Wilayah Ikatan Alumni Pergerakkan Mahasiswa Islam Indonesia Maluku Utara (PW IKA PMII Malut) periode 2018-2023 secara resmi dilantik oleh Menpora Imam Nahrawi bersama Asisten Gubernur Malut Bidang Hukum Yusuf Marsaoli, Sekda Kota Ternate Tauhid Soleman di Ballroom Hotel Royal, Ternate, Maluku Utara, Rabu (9/5) malam. 

Dalam kesempatan itu Menpora menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat agar mendoakan dan mendukung suksesnya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018. "Semoga setelah sukses Asian Games 2018 di bidang prestasi, ekonomi, administrasi akan menjadikan Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah even olahraga internasional lainnya seperti olimpiade, sepakbola dunia dan lain sebagainya," kata Menpora dalam sambutannya. 

Menpora berharap IKA PMII melakukan kerja aktif dan memberi manfaat serta optimisme kepada semua mahasiswa untuk mengisi kemerdekaan dan mengisi pembangunan secara konstruktif dan positif.

Dalam kesempatan itu pula Menpora menyampaikan terkait Hari Olahraga Nasional yang akan dipusatkan di Kota Ternate yang saat ini masih dalam tahap koordinasi antara Dispora, Wali Kota Ternate dengan Pemprov Maluku bersama Deputi Pembudayaan Olahraga. "Secara teknis wacana ini sedang digodok seperti apa bentuk acaranya seberapa besar tokoh nasional yang akan hadir, mantan atlet dan legenda olahraga, dunia usaha, para gubernur, walikota/bupati dan sebagainya," urai Menpora. 

Ia menegaskan jika even nasional dipusatkan satu daerah pasti akan ada efek positif lain seperti ekonomi, pariwisata dan kepercayaan para pemuda dan atlet daerah. "Mulai sekarang saya minta kepada gubernur, walikota untuk menyiapkan sedini mungkin untuk Haornas di Ternate, akan ada banyak even sebelumnya seperti Liga Sepakbola Pelajar Berjenjang, Liga Santri, Liga Mahasiswa kemudian obor Asean Para Games, bersepeda yang akan menyibukkan Ternate," katanya. 

"Ayo anak-anak di Ternate harus terlibat proaktif baik yang terdanai APBD-APBN maupun mandiri, kita harus gembira dengan tuan rumah even nasional, ini semua juga sebagai rangkaian menggelorakan semangat Asian Games dan Asian Para Games 2018, semoga kedepan akan banyak even yang akan digelar disini seperti PON dan sebagainya," tambah Menpora. 

Ketua PW IKA PMII Asmar Bani, mengajak seluruh anggota dan semua lapisan masyarakat Malut untuk bekerjasama membangun Malut. "Mari kita bersama membangun daerah untuk kemajuan Maluku Utara dan bangsa Indonesia kedepan," ujarnya. 

Ketua Panitia Taufik Abdullah menyampaikan pada intinya PW IKA PMII Malut ingin menata kembali agar alumni para alumni mampu bersaing di tingkat nasional sekaligus bekerjasama dengan Pemprov Malut di berbagai bidang untukk mempercepat pembangunan di Maluku Utara. "Terima kasih atas kedatangan Pak Menteri dan seluruh undangan," ujar Taufik. Turut hadir Kapolda Malut Naufal Yahya, Kapolresta Ternate Azhari Juanda, Kadispora Malut Semuel Huwae, Kadispora Ternate Sukarjan Hirto dan Wakil Rektor III Universitas Khairun Ajid Syawal. (p/ab)